Contoh Laporan OJT 2 dan Rencana Tindak Lanjut Calon Kepala Sekolah SD

 

BAB  I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang (OJT)

Berdasarkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 bahwa Calon Kepala Sekolah harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sebagai langkah penyiapan kompetensi calon kepala sekolah untuk memantapkan wawasan, pengetahuan, sikap, nilai dan keterampilan dalam memimpin sekolah. Hal tersebut dilaksanakan agar setiap Calon Kepala Sekolah memiliki kompetensi yang diharapan seperti yang tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yang menetapkan 5 (lima) dimensi kompetensi yaitu: (1) kepribadian, (2) manajerial, (3) kewirausahaan, (4) supervisi, dan (5) sosial.

Sebagai wujud  dari pelaksanaan peraturan di atas, Kabupaten Ciamis melaksanakan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah dengan Moda Dalam Jaringan (Daring) jenjang TK dan SD Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis sebanyak 87 peserta yang terdiri dari Guru jenjang Taman Kanak-Kanak (  TK ) sebanyak 4 orang dan dari Guru Sekolah Dasar ( SD ) sebanyak 83 orang. Pelaksanaan tersebut tercantum dalam Surat Perintah Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis dengan Nomor : 800 /440/-Disdik.5/2020 dengan dasar pelaksanaan Surat dari Kepala Pusat Pengembangan dan Pernberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK dan PLB) Nomor : 2709/B6.9/PP/2020 Tanggal 16 Nopernber 2020.

Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah jenjang TK dan SD Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis pelaksanaan program tersebut dilaksanakan secara jarak jauh atau disebut  moda dalam jaringan. Hal tersebut disebabkan karena pada saat ini terjadi wabah pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap peserta menjaga jarak dan demi menjaga keselamatan peserta dan semua pelaksana Diklat, maka moda daring adalah jalan satu-satunya cara untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Pelaksanaan Diklat dimulai tanggal 3 Desember 2020 dan akan berakhir  rencananya sampai tanggal 19 Maret 2021 dengan susunan jadwal kegiatan ( terlampir ) pada tabel 1. Bentuk kegiatan terbagi atas; kegiatan on the job training 1 ( OJT 1 ) , In service training 1 ( IST 1 ) On the Job Training 2 (OJT 2), dan In service training 2 ( IST 2) .

Penulis adalah peserta Diklat Calon Kepala Sekolah yang berasal dari Guru SD Negeri 3 Sukasenang Desa Sukasenang Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Provinsi jawa Barat. Melalui kegiatan Learning Management System ( LMS ), sampai saat ini telah melewati kegiatan on the job training 1 ( OJT 1 ) , In service training 1 ( IST 1 ) dan sekarang sedang melaksanakan On the Job Training 2 (OJT 2).

Kegiatan On-The Job Training  merupakan tahapan yang penting dalam rangka melatih calon kepala sekolah dengan membiasakan bekerja berdasarkan basis data melalui kegiatan pengamatan (observe) kondisi nyata dan mengidentifikasi masalah pembelajaran, melakukan refleksi (reflect) atas hasil observasi, mencari alternatif pemecahan masalah dan menyusun rencana kegiatan pemecahan masalah dalam bentuk Rencana Projek Kepemimpinan dan Peningkatan Kompetensi (plan) dan melaksanakan kegiatan sesuai rencana (Act), melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan dan hasil kegiatan (evaluate) dan merefleksi tindakan yang dilakukan (reflect) ( Utomo dkk, 2020:4).

Untuk mewujudkan hasil Diklat dalam OJT 2 ini, penulis melaksanakan kegiatan Rencana Proyek Kepemimpinan ( RPK ) di sekolah asal dimulai tanggal 28 Desember 2020 dan melaksanakan Peningkatan Kompetensi ( PK ) di sekolah lain yang dipandang cukup memadai untuk dijadikan pelatihan peningkatan kompetensi Calon Kepala Sekolah sampai tanggal 12 Maret 2021. Untuk kegiatan Rencana Proyek Kepemimpinan dilaksanakan di SD Negeri 3 Sukasenang di mana Calon Kepala Sekolah tersebut bertugas menjadi Guru dan untuk peningkatan kompetensi Calon Kepala Sekolah melaksanakannya di SD Negeri 1 Suksasenang. Kedua sekolah tersebut, lokasinya masih dalam satu wilayah yaitu berada di Desa Sukasenang Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan hasil pengamatan dari kondisi nyata di sekolah tempat penulis mengajar dan dari hasil evaluasi diri sekolah maka penulis melaksanakan kegiatan sebagai pembaharu dan terbarukan berupa laporan kegiatan in house training dengan mengangkat judul kegiatan; “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan IT untuk Pengembangan Pembelajaran”. Laporan selanjutnya adalah pelaksanaan  Peningkatan Kompetensi di sekolah magang 2 yang akan dijelaskan  pada laporan Rencana Tindak Lanjut.

 

B. Tujuan (OJT)

Mengutip dari bacaan penyusunan Rencana Tindak Lanjut yang disusun Dr. Utomo, M.Pd, dkk, Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI, 2020  yang menjadi tujuan diklat calon kepala sekolah dapat berkaitan menjadi tujuan laporan On the job training (OJT )  ini, yaitu untuk:

1. memberikan pengalaman belajar yang terpadu antara sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial dengan pengalaman empirik (kontekstual) sesuai karakteristik calon kepala sekolah;

2. mengembangkan kemampuan calon kepala sekolah dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran untuk meningkatkan capaian belajar peserta didik;

3. mengembangkan kemampuan calon kepala sekolah dalam menentukan strategi penyelesaian masalah sehingga dapat membangun budaya belajar sekolah dalam satu ekosistem persekolahan; dan

4. mengembangkan kemampuan kepemimpinan calon kepala sekolah dalam menggerakkan warga sekolah untuk membantu penyelesaian masalah pembelajaran di sekolah, yang bermuara pada terwujudnya student wellbeing.

 

 

C. Hasil yang Diharapkan (OJT )

Hasil yang diharapkan dari kegiatan On The Job Training ini yaitu untuk :

1.      Sikap kepemimpinan yang selalu menempatkan pembelajaran nilai-nilai spiritual dan kepribadian dalam setiap pengambilan keputusan;

2.      Menanamkan sikap kewirausahaan dalam pelaksanaan pengembangan kinerja sekolah ;

3.      meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan perangkat IT untuk pengembangan pembelajaran melalui in house training dengan tujuan Guru  mampu dalam pengoperasian Microsoft Word untuk memudahkan dalam membuat perangkat pembelajaran, menggunakan Google search dan Youtube untuk pengembangan materi pembelajaran dan mampu menggunakan IT untuk pembelajaran dalam jaringan;

4.      memperbaiki kelemahan AKPK Calon Kepala Sekolah dengan cara belajar dan berlatih  di sekolah lain dalam rangka peningkatan kompetensi.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Kemendikbud. ( 2019 ). Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan ( US ). Jakarta:Kemendikbud

 

Kemendikbud. (2018). Permendikbud nomor 6 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Jakarta: Kemendikbud

 

Kemendikbud. ( 2016 ).Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah . Jakarta: Kemendikbud

 

Permendikbud. (2016.) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendididkan.

 

Kemendikbud (2013). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 tentang kriteria Hasil Belajar.

 

Permendikbud (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

 

Permendiknas.( 2007 ) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

 

Permendiknas (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 tentang Tujuan Pendidikan.

 

_______. (2003). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Mengenal Sistem Pendidikan Nasional.

 

Utomo, Fety Marhayuni, Samsuri. ( 2020 ) Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI. Jakarta: Kemdikbud

 

 


Klik download untuk mengunduh contoh Laporan OJT 2 dan RTL CKS SD di sini ! Download

Comments

Popular posts from this blog

SOAL PAT DAN KUNCI JAWABAN BASA SUNDA UNTUK KELAS 5 SD SEMESTER 2

Soal PAT Basa Sunda Kelas 4

Soal PAT Basa Sunda kelas 1 semester 2

Soal PAT dan Kunci Jawaban Karawitan Kelas 4 Semester II

Soal PAT dan Kunci Jawaban PLH Kelas 4 Semester II

Soal PAT dan Kunci Jawaban Karawitan Kelas 5 Semester 2

CARA MUDAH GANTI FLEKSIBEL ACER E5-471

CARA MEMBUAT VIDEO SEPERTI JAGO BELA DIRI